Minggu, 04 Maret 2012

resep mengelola kls

Resep mengelola perilaku siswa



200px-anak_sd_di_ciwidey.jpg
Perilaku manusia adalah hal yang sangat komplek sekali untuk dipelajari. Kita semua percaya bahwa semua perilaku adalah hasil proses pembelajaran yang terus menerus. Yang pada akhirnya tertanam dalam memori dan outputnya dapat kita lihat saat kita menghadapi krisis.

Dengan demikian ada dua pengertian penting yang bisa kita dapat dari perilaku yaitu :
  • Pengalaman-pengalaman yang kita alami sebelumnya dalam memecahkan sebuah masalah.
  • Campuran olahan kimia terbaru yang ada di otak kita.

Murid mungkin tidak punya keinginan utuk merubah pola dalam berprilaku di karenakan hal tesebut tidak cocok dengan apa yang dipandang baik oleh guru.
Lebih lanjut mereka yang ingin merubah perilaku namun kadang terperangkap oleh respon mereka terhadap hal yang sudah mereka alami.
Ada beberapa zat kimia yang ada dalam otak seperti cortisol,adrenalin, dan dopamine yang memainkan peranan penting sebagai pemicu memori. Semua hasil ingatan pengalaman tersebut disimpan didalam bagian otak yang dinamakan Amygdala. Amygdala adalah tempat otak menyimpan episode-episode ingatan kita dalam otak yang berperan dalam menyimpan penerimaan emosi yang banyak sekali.

Stimulan

Untuk mengerti perilaku anak didik yang tidak sesuai aturan di sekolah, kita perlu mengetahui stimulan apa yang menyebabkan kita atau anak dididik berperilaku seperti itu.
Ada bagian-bagian dari otak yang ternyata mendukung hal tersebut. Tetapi pada saat yang sama otak ternyata juga punya mekanisme untuk mengurangi hal tersebut untuk kemudian di rubah menjadi hal-hal yang membantu kita dalam bertindak.

Pada anak didik yang terjadi adalah mereka lebih mudah untuk mengingat ruangan-ruangan yang ada di ruangan merah otak mereka secara jelas dan kadang mereka sebut hal tersebut sebagai mimpi buruk.
Kejadian-kejadian yang ada di ruangan merah dan oranye otak dan bagaimana kita menanganinya membantu kita untuk membentuk kepribadian

Bagaimana menggunakan ruang-ruang yang ada di otak

Sekarang pikirkan sebuah situasi di kelas. Buatlah sebuah daftar yang akan mengirim anda menuju ruangan orange atau merah.
Reaksi anda dalam menangani perilaku murid kadang secara tidak sadar adalah merupakan reaksi yang impulsive (reaktif) menurutkan kata hati dan sayangnya diulang dan terus diulang.
Anak didik yang sedang melanggar aturan kadang menjadi bagitu cepat tanggap terhadap reaksi ruangan merah atau oranye dari guru atau orang yang ada di sekitarnya .
Indikasikanlah salah satu dari hal ini yang membuat anda begitu emosional.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar